Rabu, 18 Januari 2017

Virtual Reality

Judul : Virtual Reality

Nama : Merdeka Putra Adi Pradana Susilo

Kelas : 3IA22

Matkul : Desain Pemodelan Grafik

Dosen : Syefani Rahma Deski


A. PENGERTIAN VIRTUAL REALITY

     Virtual reality atau dikenal juga VR adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, virtual reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang.

B. SEJARAH VIRTUAL REALITY
     Morton Heilig menulis pada tahun 1950 tentang "Teater Pengalaman" yang dapat meliputi semua indera dengan suatu cara efektif, sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan di layar. Ia membangun suatu prototipe dari visinya yang dinamakan Sensorama pada 1962, bersama dengan lima film pendek untuk dipertunjukkan didalamnya dengan melibatkan berbagai indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, dan sentuhan).

Pada tahun 1968, Ivan Shuterland dengan bantuan dari siswanya bernama Bob Sproull menciptakan apa yang secara luas dianggap sebagai pendahulu dari virtual reality dan sistem. Alat itu primitif, baik dalam kaitan dengan alat penghubung pemakai dan realisme, dan HMD untuk dikenakan oleh pemakai sangatlah berat sehingga harus digantungkan.

Teknologi virtual reality yang lebih awal adalah Peta Bioskop Aspen, yang diciptakan oleh MIT pada tahun 1977. Programnya adalah suatu simulasi kasar tentang kota Aspen di Colorado. Di sana para pemakai bisa mengembara dalam salah satu dari tiga musim yaitu musim panas, musim dingin, dan musim semi.

C.MANFAAT VIRTUAL REALITY

    Pada saat ini umumnya VR digunakan untuk pembuatan game 4D , tetapi disisi lain ada kegunaan lain selain game 4D.
  1. Pada bidang kedokteran biasa digunakan untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh manusia agar terlihat nyata.
  2. Bidang Penerbangan digunakan sebagai simulasi penerbangan untuk pilot yang baru belajar agar lebih mudah untuk memahami/mengendalikan pesawat dalam kondisi cuaca dan cara untuk landing ataupun takeoff,
  3. Bidang militer sebagai simulasi perang dimana para tentara dapat merasakan bagaimana rasanya berada pada medan pertempuran.
3 bidang tersebut adalah contoh dari beberapa manfaat VR selain digunakan untuk game , masih banyak lagi manfaat VR.

D. ALAT VR

      Pada saat ini ada sebuah gadget/alat bernama Cardboard yang dibuat oleh google, alat ini membuat kita dapat merasakan VR dari handphone kita .
                                      54.jpg
Selain cardboard ada VR Box :

                                          creative-pqsp_terios-vr-box- -t3-gamepad memory-card-sdm1_full01.jpg
Untuk menggunakan Gadget diatas sangatlah mudah tinggal menempelkan handphone pada bagian depan VR dan menggunakan aplikasi pendukung cardboar, glitcher,ataupun virtualReality dan pada tahap akhir putarlah Video atau game 4D untuk memainkan game 4D bisa menggunakan joystick yang dihubungkan melalui bluetooth.

E. APLIKASI PEMBUAT GAME VR

     Membuat game VR mungkin terdengar susah, tetapi untuk membuat game ini hanya perlu aplikasi pembuat game unity dan menggunakan sdk For Unity

F. REVIEW GAME 4D

    Robinson: The Journey adalah sebuah permainan berbasis VR daro crytek yang akan menawarkan pemainnya dengan rasa tak tertandingi dengan kehadiran di dunia permainan, mereka yang memainkan akan menganggap berperan menajdi seorang anak muda yang memiliki mendarat di sebuah planet misterius. Dengan kebebasan untuk mengeksplorasi lingkungan mereka di 360 derajat secara detail, setiap pemain akan menjadi pelopor dengan berinteraksi dengan ekosistem yang kaya di sekitar mereka dan menggali rahasia yang luar biasa di setiap kesempatan dalam bermain game.
Untuk cara bermain game ini belum ada

Control game ini sama seperti game biasa yang berbeda adalah kita dapat melihat 360 derajat pada lingkungan game. Control bisa menggunakan joystick khusus game VR, game ini bergenre Adventure / Petualangan. Untuk game ini dirilis pada console game PS4 VR.

0 komentar:

Posting Komentar